Sabtu, 05 Mei 2012

Hati-Hati, Kerja Lembur Ternyata Berpotensi Bikin Gemuk!

kerja lembur berat badan naikKerja Lembur Berpotensi Bikin Gemuk – Hati-hati, jika kamu sangat sering kerja lembur, biasanya jadwal makan juga akan menjadi tidak teratur. Terlebih lagi jika kamu bekerja sambil mengemil snack, misalnya keripik, cokelat, dan minum kopi, suatu kebiasaan yang sulit untuk dihindari pada saat bekerja lembur. Biasanya, kebiasaan ngemil ini diteruskan dengan makan malam dengan makanan siap saji agar tidak repot karena tidak punya waktu lagi untuk menyiapkan makanan sehat.
Kebiasaan pola makan seperti ini sangat buruk dan berdampak negatif pada kesehatan perut kamu lho. Bahkan berisiko dua kali lebih besar terkena penyakit susah buang air besar, perut panas dan luka di lambung. Nah, mengingat akibat buruknya dampak akibat bekerja lembur ini, maka mulai sekarang ubahlah kebiasaan buruk tersebut dan ikuti cara mengatasinya berikut ini.

Kebiasaan Buruk Saat Lembur Yang Membuat Badan Jadi Gemuk:

kebiasaan makan malamKebiasaan makan malam di atas jam 7 malam dan makanan yang dikonsumsi pun makanan fast food atau junk food, misalnya nasi goreng kambing, sate padang, atau mie instan.
Cara mengatasinya adalah Jika kamu sudah tahu bahwa jam makan bisa tergeser dari jadwal yang normal, ada baiknya kamu menyiapkan makanan atau bahan makanan dari rumah. Kamu pasti bisa menyisihkan waktu 15 menit sebelum pukul 7 malam untuk makan malam di pantry, bukan? Contohnya kamu mungkin bisa menyiapkan sepasang roti gandum yang dilapisi potongan telur rebus atau potongan daging asap. Dilengkapi dengan irisan daun selada atau bisa juga ketimun. Lebih nikmat lagi, kamu bisa menambahkan ke dalamnya mayonaise rendah lemak.
Kebiasaan malas membawa bekal dari rumah.
Kalo kamu bukanlah tipe cewek yang suka membawa bekal makanan dari rumah, ga perlu bingung. Kamu bisa membeli sepotong ayam atau ikan panggang dari luar untuk dijadikan sebagai lauk. Makan bersama dengan nasi hangat porsi kecil. Sebisa mungkin, janganlah memakan makanan yang bersantan ataupun gorengan karena akan meningkatkan kadar kolesterol. Namun, mungkin pasti ada masanya di mana kamu harus bekerja hingga larut malam. Nah, dalam keadaan seperti itu, konsumsilah makanan yang mengandung lebih banyak protein sebaliknya daripada nasi atau sejenisnya karena protein sangat berguna dalam meningkatkan konsentrasi. Jangan menghilangkan jadwal makan malam karena alasan sibuk atau mungkin karena lelah. Sebab, hal inilah yang justru akan mendorong kamu ngemil dengan makanan yang sembarangan di tengah malam.
minum kopi saat bekerjaKebiasaan malas mengkonsumsi air putih dan menggantinya dengan lebih dari satu gelas kopi sebagai ’doping’.
Kamu bisa mengatasinya dengan meletakkan satu botol besar air putih di dekat area kerja kamu. Sehingga, selama kamu lembur atau sedang bertugas shift malam, kamu ga bakalan iseng-iseng ngemil lagi. Ketika perut kamu mulai merasa lapar, minumlah air putih yang sudah kamu sediakan. Jika kamu tidak bisa menahan diri utk meminum secangkir kopi maka perbanyak meminum air putih hingga 2 gelas.
Kebiasaan ngemil snack praktis, seperti keripik, biskuit, wafer dan cokelat saat bekerja.
Memang jika perut dalam keadaan kosong selama 5 jam, proses metabolisme di dalam tubuh juga akan menurun. Untuk itu, kamu bisa menyiapkan snack sehat dalam tas kerja seperti buah-buahan yaitu apel, jeruk dan stroberi. Jika kamu ingin snack kamu memiliki variasi, kamu bisa mengkombinasikan potongan apel dengan segelas yoghurt non fat.
Kebiasaan malas bergerak dan hanya duduk di depan komputer.
Kebiasaan ini sering terjadi sama saya juga loh, sis! Nah, sebagai solusinya, tambahkan aktivitas gerak kamu seperti misalnya dengan lebih memilih untuk menaiki tangga ketimbang menggunakan fasilitas lift, bisa juga dengan memfotokopi surat – surat sendiri daripada menyuruh office boy untuk melakukannya. Bahkan jika bisa, sediakan sepasang dumbell/barbel kecil dalam lemari kerja kamu. Pada saat kamu sedang mumet dengan kerjaan, kamu bisa me-refresh pikiran kamu dengan melakukan gerakan fitnes yang ringan.
Bekerja Lembur untuk mengejar tambahan uang itu boleh saja, asal jangan bekerja lembur berat badan naik maka uang yg didapatkan juga bakal habis untuk belanja celana dan baju ukuran baru. So, be smart on your way to achieve your career, work hard is a must but always stay healthy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar